BAHAN FLEECE COTTON

BAHAN FLEECE COTTON

Bahan fleece cotton merupakan bahan yang paling sering dipakai sebagai material untuk membuat pakaian baik berupa jaket maupun kaos. Ada berbagai macam bahan fleece cotton yang bisa digunakan sebagai bahan pembuatan sebuah kaos dan tiap kain/bahan mempunyai karakteristik sendiri – sendiri. Untuk memilih kaos dengan kualitas bagus kita harus mengetahui terlebih dahulu karakteristik tiap – tiap bahan yang digunakan untuk membuat kaos tersebut. Penamaan jenis bahan kaos seringkali berubah – ubah dan kadang menyesatkan. Hal ini bias terjadi karena ketidak mampuan konsumen untuk membedakan jenis bahan kaos secara tepat.

BAHAN FLEECE COTTON

BAHAN FLEECE COTTON

Bahan fleece cotton. Berdasarkan spesifikasi benang, jenis kain Cotton/katun ini dibagi menjadi dua macam: Cotton Combed dan Cotton Carded. Bahan fleece cotton combedBahan baku: serat kapas, karakteristik: Serat benang lebih halus, hasil Rajutan dan penampilan lebih rata.daya tahan terhadap shrinkage (susut): baik. Cotton Carded. Bahan baku: serat kapaskarakteristik: Serat benang kurang halus, hasil Rajutan dan penampilan kurang rata.daya tahan terhadap shrinkage (susut): kurang. Karena terbuat dari serat kapas, kedua jenis Cotton ini bisa menyerap keringat.

Bahan fleece cotton Teterton. Bahan baku: 35% cotton combed dan 65% teterton/polyesterkarakteristik: jika dibanding bahan Cotton, bahan/kain TC kurang bisa menyerap keringat dan agak panas di badan. Daya tahan terhadap shrinkage (susut): bagus.

Bahan fleece cotton Viscose. bahan baku: 55% cotton combed dan 45% viscose, karakteristik: menyerap keringat meskipun tidak sebaik TC dan jauh dibawah Cotton. Daya tahan terhadap shrinkage (susut): baik

Bahan fleece cotton Polyester dan PE. Bahan baku: serat sintetis yang dibuat dari fyber poly atau bijih plastic, karakteristik: terlihat mengkilap, panas jika dipakai, tidak bisa menyerap keringat daya tahan terhadap shrinkage (susut): bagus.

Selain bahan baku pembuatan, bahan jaket fleece cotton juga dibedakan bedasarkan ketebalan benangnya yang berpengaruh terhadap ketebalan kain itu sendiri. Ketebalan benang yang biasa digunakan untuk membuat kain adalah 18S, 20S, 24S, 30S, dan 40S. Benang yang paling tebal adalah benang 18S, meskipun kain yang menggunakan benang 18S sangat jarang karena harus pesan langsung ke pabrik. Ketebalan benang selanjutnya adalah 20S, diikuti benang 24S, lalu 30S, dan benang yang paling tipis adalah benang 40S. Artinya, bahan yang paling nyaman untuk dibuat kaos adalah Cotton Combed 1 dengan ketebalan benang 30S. atau bisa anda pilih sendiri sesuai dengan selera anda.

 

 

Comments

comments

Add your comment