DESAIN JAKET ALMAMATER

DESAIN JAKET ALMAMATER

Desain jaket almamater atau yang juga disebut dengan jas almamater juga dianggap sebagai ciri khas untuk menunjukkan asal universitas para mahasiswa. Semua orang yang ada pastilah memerlukan identitas. Hal ini untuk menunjukkan siapa dirinya yang sebenarnya. Juga untuk membedakan dirinya dengan orang lain. Serta juga dapat digunakan sebagai pembuktian diri. Hal ini juga berlaku pada pelajar sekolah. Pelajar dapat dikenal bahwa dirinya adalah sosok pelajar dengan atribut seragam yang ia kenakan. Kemanapun ia pergi selama masih memakai seragam itu, maka masyarakat lainnya akan dapat mengetahui bahwa dirinya adalah sosok pelajar.

DESAIN JAKET ALMAMATER

DESAIN JAKET ALMAMATER

Pada pendidikan level kuliah, para mahasiswa sudah terbebaskan dari atribut seragam. ketika mereka masuk kuliah, tak ada lagi keharusan untuk memakai seragam lagi. Mereka telah memiliki kebebasan untuk mengenakan pakaian apapun sesuai dengan apa yang mereka kehendaki. Walaupun kebebasan ini masih tetap harus dalam kerangka kesopanan dan moral yang berlaku. Hanya saja, identitas dari mahasiswa ini masih dapat diketahui dari adanya sebuah pakaian khusus. Jenis pakaian ini memang sengaja dibuat sebagai identitas dari setiap mahasiswa dari setiap kampus atau universitas yang berbeda. Pakaian khusus inilah yang disebut dengan jaket almamater.

jaket almamater memang harus dimiliki oleh setiap mahasiswa. Kepemilikan ini biasanya diberikan saat pertama kali seseorang menjadi mahasiswa. Dengan jaket almamater inilah seseorang akan dikenal sebagai seorang mahasiswa. Pemakaian desain jaket almamater ini memang sedikit berbeda dibandingkan dengan pemakaian seragam oleh siswa sekolah. Jika seragam dipakai setiap kali pergi ke sekolah, desain jaket almamater ini tak begitu intens.

jaket almamater hanya dipakai pada monent tertentu saja. Misalnya adalah pada awal mahasiswa berada di kampus. Inilah yang disbeut dengan masa orientasi mahasiswa. Dalam moment inilah mahasiswa diharuskan untuk memakai jaket almamater. Selain itu, pemakaian jaket almamater ini adalah pada upacara hari tertentu dimana mahasiswa tersebut diwajibkan untuk memakai desain jaket almamater, pun juga ketika melakukan praktek tertentu. Pemakaian jaket almamater ini akan menunjukkan bahwa mahasiswa tersebut adalah seorang mahasiswa yang berasal dari satu universitas tertentu. Penentuan harga dan desain jaket almamater inipun juga merupakan keputusan dan kebijakan dari setiap universitas yang ada.

Model dari desain jaket almamater cenderung sama untuk setiap universitas. Bentuknya seperti blazer, yaitu pakaian wanita yang biasa dikenakan pada saat pergi ke kantor untuk bekerja. Namun, bentuk dari desain jaket almamater biasanya lebih panjang dan tidak terlalu mengikuti lekuk tubuh wanita.

Hal-hal yang biasanya terdapat pada desain jaket almamater yang berguna untuk memberikan kekhasan sendiri pada jaketnya adalah kancing, logo universitas, dan warna. Kancing yang digunakan pada pembuatan desain jaket almamater biasanya berbentuk bulat menonjol dengan logo universitas.

 

 

 

 

Comments

comments

Add your comment