Jacket Motor

JACKET MOTOR

Jacket motor merupakan salah satu jenis jaket yang digunakan untuk melindungi para pengendara motor sport.

jacket motor

jacket motor

Jaket adalah baju luar yang panjangnya hingga pinggang atau pinggul, dipakai untuk menahan angin dan cuaca dingin. Bukaan jaket terletak di bagian depan dari leher ke bawah. Ritsleting, kancing, atau sabuk dipakai sebagai alat untuk membuka dan menutup bukaan jaket. Mantel lebih panjang dari jaket, biasanya panjang mantel mulai dari sekitar pantat hingga sampai di bawah lutut. Dalam bahasa Inggris, istilah jacket juga berarti jas, dan tidak hanya mencakup jaket menurut pengertian bahasa Indonesia (jaket olahraga atau jaket kulit).

Jaket merupakan salah satu element penting dalam berkendara motor. Jaket motor didesain agar dapat melindungi pengendara dari terpaan debu jalanan dan angin. Disamping itu jacket motor di desain menyesuaikan dengan kendaraannya yaitu motor sport. Motor jenis ini memang memiliki performa yang luar biasa dengan desain motor yang sporty dan elegan.

Jacket motor merupakan perlengkapan yang tidak bisa dilepaskan dari para pengendara motor sport. Ditinjau dari kebutuhannya secara umum ada dua jenis jacket motor. Pertama adalah jaket untuk harian dan yang kedua adalah jaket touring. Sesuai dengan namanya, jacket motor harian dipakai untuk keperluan berkendara sehari-hari, misalnya ke kantor, ke kampus atau berkendara jarak dekat lainnya. Untuk jenis jaket ini sebaiknya dibuat dari bahan yang ringan dan nyaman. Bahan yang cocok untuk jaket motor harian adalah kulit domba, taslan, mikro dan cordura soft. Bahan dari kulit sangat nyaman dipakai siang dan malam hari. Akan tetapi jaket motor dari bahan kulit harganya relatif tinggi daripada bahan lainnya.

Jenis jacket motor yang selanjutnya adalah jacket motor touring Jaket ini biasa dipakai klub atau community motor yang relatif sering mengadakan riding/touring jarak jauh, contoh: keluar kota ataupun keluar pulau. Fungsi utama jaket ini adalah sebagai pelindung, baik dari terpaan angin dan hujan, maupun dari benturan. Oleh karena itu jaket model ini memakai hard protector. Protector bisa diletakkan di pundak/bahu, lengan/siku, belakang, dan atau depan

Apabila dilihat dari bahannya, jaket kulit merupakan jacket motor yang paling favorit. Jacket motor dengan bahan kulit bisa dipakai untuk harian maupun kegiatan touring. Namun yang paling cocok digunakan untuk touring. Jaket kulit memang sangat baik untuk jaket touring karena dapat menahan cuaca panas di siang hari dan juga cuaca dingin di malam hari. Kemudian jaket kulit juga mampu meminimalisir dan memberikan perlindungan tubuh dari benturan dan luka yang disebabkan oleh kecelakaan. Disamping itu ada jacket motor yang dibuat dari bahan sintetik dengan harga relatif lebih murah.

Untuk menanggulangi musim hujan, jacket motor dari bahan rain coats dapat menjadi alternatif yang cocok karena sifatnya tahan air dan dapat menahan udara dingin. Selain itu jaket model ini mudah dibersihkan dan tidak meninggalkan bau. Jaket ini juga nyaman digunakan dalam musim dingin. so, mana jacket motor mu dan selalu utamakan keselamatan dalam berkendara ya guys or sis.

 

Comments

comments

Add your comment