Jaket Kain

JAKET KAIN

Jaket kain merupakan jaket yang terbuat dari berbagai bahan kain sebagai dasar pembuatan jaketnya. Jaket kain yang beredar di pasaran sangat beragam sekali. Seiring perkembangan teknologi di bidang fashion menyebabkan bahan-bahan dasar pembuatan jaket kain semakin bervariasi. Bahan pembuatan jaket kain terdiri dari kain sintetik, kain wol, kain dril, kain oxford/osworth/tropical, kain katun dan bahan kain jeans.

Bahan-bahan dasar pembuatan tersebut mempunyai ciri khas dan perbedaan dengan bahan yang lainnya. Jaket kain dengan bahan kain sintetik terbuat dari perpaduan kulit dan bahan lubrikan. Kelebihannya hampir sama dengan jaket kulit, hanya saja jaket ini tidak cocok untuk digunakan di siang hari, terutama saat matahari terik. Bahan sintetik tidak memiliki daya serap keringat. Di sisi lain, jaket sintetik relatif mudah dibersihkan dan baik dikenakan pada malam hari. Ada alternatif lain untuk gaya yaitu dengan jaket springfield.

JAKET KAIN

JAKET KAIN

Jaket kain selanjutnya adalah jaket dengan bahan kain jeans atau denim. Bahan ini juga baik dikenakan pada siang hari (tidak terlalu terik) maupun malam hari. Memiliki tekstur rajutan yang tebal mampu mengurangi terpaan angin ke tubuh. Meski daya serap keringat lumayan baik, tapi lama kering bila terkena hujan. Masih banyak lagi jaket dengan bahan lainnya yaiut jaket kain drillyang mempunyai spesifikasi permukaan kain berserat garis-garis miring. Berdasarkan besar kecilnya serat secara umum dibagi 3 jenis yaitu kaintwill drill(serat kecil), american drill (serat sedang), dan japan drill (serat besar).

Jenis jaket lainnya adalah model jaket kain dengan bahan kain oxford/osworth/tropical. Spesifikasi bahan ini adalahteksturnya rata tidak seperti drill. Jalinan benang-benang pintalan kain semacam jalinan titik-titik seperti pixel dalam resolusi gambar. Secara umum lebih tipis dari kain drill.Semakin banyak komposisi bahan cottonnya seperti pada Japan Tropical, maka semakin comfort dipakai. Namun harganya juga pasti semakin mahal. Lebar kain ini ada yang 115 cm, ada juga yang 140-150 cm.

Jaket kain yang terakhir adalah jaket kain katun. Spesifikasi bahan ini sebagai berikut : Tidak bertekstur, halus, lebih tipis dari kebanyakan bahan tropical atau drill. Tapi karena bahan dasarnya lebih banyak cottonnya tentu saja harganya lebih mahal dari pada kedua bahan di atas.

Berdasarkan spesifikasi bahan-bahan di atas, anda dapat memilih yang paling sesuai dengan desain, keperluan tujuan/tempat di mana nanti anda akan menggunakan jaket kain.

Comments

comments

Add your comment